| Menparekraf Sandiaga Uno Beri Workshop Kata Kreatif untuk Pelaku UMKM Kota ‘Tabuik’ Pariaman

| Berita dan pengumuman lainnya

PARIAMAN, hantaran.co  — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan workshop Kabupaten/Kota (Kata) Kreatif di Kota Pariaman Selasa (5/7/2022). Harapannya dengan kegiata itu muncul sub sektor ekonomi kreatifi di Kota ‘Tabuik’ Pariaman.
“Hari ini sedang berlanjut agenda whorkshop Kata Kreatif di Kota Pariaman yang melibatkan puluhan orang peserta terdiri dari para pelaku wisata dan kreator,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, di Pariaman.
Ia mengatakan, pihaknya datang ke Pariaman untuk mengusung beberapa ide yang menurutnya mampu menjawab tantangan di sektor wisata dan kreatifitas. Salah satu yang harus diketahui bahwa ke depan kota Pariaman harus memilih satu sub sektor objek wisata yang dijadikan sebagai keunggulan.
“Untuk saat ini pariwisata Pariaman sudah bagus, sekarang bagaimana dengan ekonomi kreatifnya, jika ini bisa dikemas dengan baik, saya yakin Kota Pariaman ini bisa ditetapka sebagai Kota kreatif,” kata Sandi.
Untuk produk ekonomi keratif tadi memang sudah banyak produk yang bisa dihasilkannya, semua itu sudah dikemas dengan baik, hanya saja ada untuk kemasan kulinernya masih perlu dibenahi.
“Ada beberapa produk tadi kemasanya masih belum menjual. Ini menjadi tugas kedepan bagaimana kemasan makanan itu bisa dikemas dengan semenarik mungkin,” katanya.
Jika Periaman sudah bisa melakukan itu dan Sandiaga yakin Kota Pariaman bisa masuk dalam katalok cinta produk lokal. Dimana dalam katalok itu nanti akan ada semua jenis kerajinan dan produk dari pelaku usala eknomo kreatif.
“Setiap tahunnya Kementrian dan pihak lain sangat banyak membutuhkan produk dan kuliner. Ditargetkan semuanya nanti akan dibeli melalui katalog kita yang isinya adalah produk dari pelaku ekonomi kreatif ini,” katanya.
Selain itu pihaknya juga akan mencarikan jalan keluar dalam pemasaran produk eknomi kreatif yang ada di seluruh Indonesia dengan jaringan yang dimiliki, sehingga memudahkan pemasaran hasil daari ekonomi kreatif masyarakat.
“Kita kan banyak juga jaringan dan kerjasama dengan pihak lain nanti kami akan fasilitasi dengan jaringan itu,” ujarnya.
Salah satu contoh Darak Badarak Kota Pariaman yang meminta kepada Menteri untuk memfasilitasi mereka dengan RAN Intertaimen untuk bekerjasama dengan tour beberapa negara di dunia.
“Nanti kami coba fasilitasi dengan RAN, kebetulan kami lagi ada beberapa kerjasama dengan pihak RAN,” kata Sandi.