| Bikin UMKM Naik Kelas, Ajang KaTa Kreatif Indonesia Gairahkan Ekonomi

| Berita dan pengumuman lainnya

LOMBOK TENGAH–Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan Lombok Tengah sebagai salah satu daerah yang disasar program Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif). Program ini menyasar para pelaku UMKM yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar mereka bisa naik kelas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, program ini telah dimulai di Gumi Tatas Tuhu Trasna pada 21 Februari. Para pelaku UMKM dihadirkan dalam Worskshop Peningkatan Inovasi untuk menimba ilmu langsung dari para pelaku ekonomi kreatif yang sudah sukses. Mendapatkan inspirasi dan berbagi pengalaman.

Saat ini kata Menteri Sandiaga, terdapat 63 kabupaten/kota yang sudah mengikuti kegiatan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Dari jumlah tersebut, baru 10 kabupaten/kota di antaranya yang sudah mendapatkan penetapan sebagai Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (KaTa Kreatif Indonesia) sesuai dengan subsektor ekonomi kreatif unggulannya masing-masing.

Sandi menegaskan, UMKM yang telah mengikuti program Workshop Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif diharapkan bisa mengeluarkan potensi yang cukup banyak sehingga mendorong pengembangan potensi pelaku ekonomi kreatif.

Selama workshop berlangsung, para pelaku UMKM akan mendapatkan tugas yang pencapaiannya akan dipantau dan diulas secara intensif dalam program monitoring.

Melalui Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kemenparekraf pada tahun ini akan menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan dengan menyasar 35 kabupaten/kota.

“Sebulan setelahnya akan dimonitoring langsung bersama narasumber secara daring. Supaya para peserta yang hadir bisa langsung mempraktikkan ilmu yang didapat dengan arahan langsung dari narasumber level nasional,” kata Menteri Sandiaga.

Dia menegaskan, menjadi komitmen dari Kemenparekraf untuk memberikan dukungan dan fasilitasi terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Sandiaga berharap para peserta workshop ini nantinya bisa pengusaha kreatif yang akan menjadi lokomotif ekonomi Indonesia.